Selasa, 24 Januari 2017

Pilihan Konsentrasi di Jurusan Manajemen

Serba Serbi Pilihan Konsentrasi di Jurusan Manajemen

Program Studi atau jurusan manajemen adalah salah satu jurusan favorit dari rumpun ekonomi dan bisnis buat calon-calon maba yang lagi hunting jurusan kuliah.

Selain terbilang cukup populer dan dapat ditemukan di kampus mana saja, lulusan manajemen juga diminati karena dijamin bakal punya prospek kerja yang nggak terbatas, karena nggak ada bidang pekerjaan yang nggak membutuhkan praktisi manajemen.

Tapi, di dalam jurusan manajemen ternyata masih ada cabang-cabang peminatan dengan konsentrasi yang lebih spesifik, lho. Pemilihan konsentrasi jurusan ini bisa dilakukan ketika kamu akan menginjak semester 6, atau tepat setelah kamu menyelesaikan berbagai mata kuliah dasar dan lanjutan.

So, buat kamu mahasiswa/calon mahasiswa jurusan manajemen program sarjana yang masih bingung nantinya bakal pilih konsentrasi mana yang cocok dengan minat dan passion, simak serba-serbinya di bawah ini.

1. Manajemen Keuangan‍

Manajemen keuangan adalah konsentrasi manajemen yang berfokus pada pengelolaan keuangan suatu perusahaan, mulai dari penggalian, pemanfaatan, sampai pengontrolan dana. Dalam konsentrasi ini, kamu akan belajar lebih dalam mengenai analisis strategi dan operasi yang yang dapat mengoptimasi kinerja keuangan perusahaan, termasuk keputusan investasi dan akuisisi.

Bicara soal keuangan, pastinya di konsentrasi ini kamu bakal ketemu sama banyak proses hitung menghitung. Eits, buat yang nggak suka itung-itungan, jangan keburu panik dulu. Kalau kamu emang minat banget sama konsentrasi ini, kuncinya cukup jadi orang yang teliti aja, kok!
Sebagai gambaran, mata kuliah yang bakal kamu temui dalam konsentrasi ini adalah:
- Manajemen Keuangan Internasional
- Manajemen Investasi & Portfolio
- Seminar Manajemen Keuangan
- Manajamen Keuangan & Perbankan Syariah (mata kuliah pilihan)
- Manajemen Risiko (mata kuliah pilihan)

2. Manajemen Pemasaran‍

Konsentrasi manajemen pemasaran meliputi segala teknik dalam memasarkan suatu produk serta analisis strategi untuk dapat memenangkan persaingan bisnis, baik dalam pasar lokal maupun internasional.

Kamu yang ingin mengembangkan sisi kreatif dan selalu ngikutin tren terkini cocok banget kalau memilih konsentrasi ini. Soalnya, selain mampu memahami konsep, sebagai tenaga pemasar yang baik kamu juga harus bisa mengimplementasikannya sekece mungkin agar bisa menarik perhatian dan minat konsumen.

Sebagai gambaran, mata kuliah yang bakal kamu temui dalam konsentrasi ini adalah:
- Sistem Informasi Pemasaran
- Manajemen Pemasaran Internasional
- Seminar Manajemen Pemasaran
- Pemasaran Relasional Pelanggan (mata kuliah pilihan)
- Pemasaran Internet (mata kuliah pilihan)
- Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran (mata kuliah pilihan)
- Pemasaran Jasa (mata kuliah pilihan)
- Manajemen Merek (mata kuliah pilihan)

3. Manajemen Operasi‍

Dalam manajemen operasi, kamu bakal mendalami pemahaman dan cara pandang yang lebih sistematik pada suatu proses menggunakan tools tertentu, serta analisis yang menyeluruh yang dapat meningkatkan keefektivitas dan keefisiensian suatu sistem produksi atau organisasi.
Banyak yang bilang kalau konsentrasi manajemen operasi agak “nyerempet” ke jurusan teknik industri, which is not entirely wrong. Bedanya, kalau di teknik industri kamu belajar proses operasi secara teknis, di manajemen operasi kamu hanya belajar dari sudut pandang manajerial saja.

Sebagai gambaran, mata kuliah yang bakal kamu temui dalam konsentrasi ini adalah:
- Manajemen Proyek
- Manajemen Logistik
- Seminar Manajemen Operasi
- Perencanaan & Pengendalian Kualitas (mata kuliah pilihan)

4. Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen sumber daya manusia menitikberatkan pada pemahaman seputar sumber daya manusia sebagai aset aktif perusahaan, pengelolaan, dan pemanfaatannya melalui teknik analisis fisik serta psikologis agar dapat memberikan dorongan yang produktif.

Selain digunakan dalam pencarian kerja, manajemen SDM ternyata penting banget, lho, buat mengontrol kondisi internal dan kredibilitas perusahaan. Konsentrasi ini pas banget buat kamu yang tertarik dengan ilmu psikologis dalam dunia bisnis dan punya pendekatan emosional yang kuat.

Sebagai gambaran, mata kuliah yang bakal kamu temui dalam konsentrasi ini adalah:
- Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya Manusia
- Perencanaan SDM dan MSDM Internasional
- Seminar Manajemen Sumber Daya Manusia & Organisasi
- Manajemen Potensi Sumber Daya Manusia (mata kuliah pilihan)
- Perencanaan Karier & Pengembangan Diri (mata kuliah pilihan)

Selain keempat konsentrasi utama di atas, ada juga konsentrasi-konsentrasi lainnya seperti Manajemen Bisnis‍  dan Manajemen Keuangan Syariah‍, meskipun tidak semua jurusan dan universitas memilikinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar